Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Makan Kelapa Ikan, Deh...


Kabar tidak menyenangkan bagia readers yang suka masakan berbahan kepala ikan. Pasalnya, organ mahluk laut ini disinyalir mengandung racun yang dapat mengakibatkan kondisi buruk pada kesehatan.

BPOM
Paling tidak hal itu yang termuat dalam booklet Badan Pengawar Obat dan Makanan (BPOM) RI. Selain di organ kepala ikan, racun tersebut juga umumnya terdapat di sisik ikan. Salah satunya adalah ciguatoksin. Oleh Oke Meals, kabar ini dikutip dari Liputan6 pada 21 April 2016.

Dinoflagelata
Dijelaskan, jenis racun tersebut berasal dari dinoflagelata. Yakni, microorganisme laut yang suka menempel pada karang mati. Umumnya, biota laut yang sering terpapar microorganisme tersebut adalah ikan yang berhabitat di terumbu karang. Seperti, ikan jenis kerapu dan udang.

Stop makan kepala ikan
Jadi, mulai sekarang kurangi deh makan makanan berbahan kelapa ikan dan udang yang masih ada kepalanya. Toh, daging ikan juga menawarkan kandungan nutrisi yang tak kalah tinggi dan rasanya pun tak kalah enak.

Di atas 3 kilogram
Tapi, bila memang nafsu untuk menikmati sajian kuliner kepala ikan tak terbendung lagi, bolehlah makan sewajarnya. Asal, ikan tersebut bukan ikan berpostur besar (di atas 3 kilogram).

Ingat ya readers, sebaiknya jangan terlalu banyak makan kelapa ikan.

Sumber:
http://health.liputan6.com/read/2488076/hindari-makan-kepala-ikan-mulai-sekarang-kenapa

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email:

0 Response to "Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Makan Kelapa Ikan, Deh..."

Post a Comment