Resep Gurame Goreng Masak Sambal Hijau Istimewa



Ikan gurame merupakan ikan yang gurih dagingnya serta mudah didapat di sekeliling kita. Yang spesial, ikan ini memiliki duri hanya di bagian tengahnya saja dibanding dengan ikan bandeng yang durinya hampir merata di seluruh bagian ikan. Jadi, kita dapat dengan mudah dan tidak ribet menyingkirkan durinya untuk menikmati ikan gurame ini. Untuk varian masakan dari ikan gurame, selain digoreng, ikan gurame bisa dibuat aneka masakan. Seperti, gurame goreng masak sambal hijau. Dengan baluran sambel hijau, yang mempunyai rasa pedas yang khas, membuat masakan ini mempunyai citarasa yang berbeda dan istimewa.

Gurame goreng masak sambal hijau ini sangat cocok dinikmati bersama resep tumis sawi sederhana makin spesial dengan udang ebi. Ingin mencoba belajar membuat sendiri di rumah? Silakan simak penjelasan resep selengkapnya supaya hasilnya memuaskan.


Bahan gurame goreng masak sambal hijau:
1. 1 kilogram ikan gurame, bersihkan, dikerat.
2. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu ulek kasar:
1. 10 siung bawang merah.
2. 5 siung bawang putih.
3. 100 gram cabai hijau.
4. 1 buah tomat hijau.
5. 5 lembar daun jeruk, singkirkan tulangnya.
6. 3 sentimeter jahe, dimemarkan.
7. 3 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
8. Lada bubuk dan garam secukupnya.

Bumbu lain:
1. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya.
2. 2 batang daun bawang, iris-iris.


Cara Membuat gurame goreng masak sambal hijau:
1. Letakkan ikan dalam nampan, lumuri ikan gurame dengan larutan air jeruk nipis dan garam untuk mengurangi bau amis. Diamkan selama 10 menit.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng ikan hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
3. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bumbu dan daun bawang sampai harum dan matang.
4. Masukkan ikan gurame yang sudah digoreng, aduk rata. Angkat dan sajikan. Simak juga resep gurame goreng gurih plus sambal cobek istimewa dan resep gurame goreng garing saus mentega istimewa untuk menambah perbendaharaan referensi masakan berbahan gurame.

Jangan beranjak dulu, selain resep gurame goreng masak sambal hijau anda bisa melihat dan mencoba menu lain yang berbahan ikan, seperti;

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: