Resep Gurame Goreng Bumbu Sederhana Enak dan Mudah Dibuat



Gurame adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki rasa daging yang manis. Tak ayal bila banyak aneka masakan yang menggunakan ikan gurame sebagai bahan utamanya. Mulai dari masakan yang digoreng, dikukus/direbus maupun dimasak dengan menggunakan kuah santan atau kuah segar. Semuanya terasa begitu istimewa. Tak terkecuali, dengan resep gurame goreng bumbu sederhana enak dan mudah dibuat yang akan saya bahas pada kesempatan ini.

Meskipun bumbu yang digunakan untuk menggoreng ikan gurame sederhana, namun justru kesederhanaan bumbu itu yang membuat kita jadi bisa merasakan nikmatnya daging ikan gurame yang masih segar. Bandingkan saja dengan resep bandeng goreng crispy enak praktis atau resep ikan kembung goreng garing renyah bumbu kuning.

Perlu diketahui, resep gurame goreng bumbu sederhana enak dan mudah dibuat juga dapat digunakan untuk aneka macam jenis ikan. Seperti, lele, mujair, maupun nila. Jadi, mau apapun jenis ikannya anda bisa menggunakan resep ini ketika ingin menikmati menu ikan goreng.

Bahan untuk membuat gurame goreng bumbu sederhana yang enak:
1. 1 kilogram ikan gurame, bersihkan, dikerat.
2. Minyak sayur secukupnya, untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 4 siung bawang putih.
2. 1 sendok teh biji ketumbar.

Bumbu lain:
1.Garam dan lada putih secukupnya.
2. Kaldu ayam instan secukupnya.
3. 1 sendok teh air jeruk nipis.


Cara membuat gurame goreng bumbu sederhana yang enak:
1. Balur ikan gurame dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit untuk mengurangi bau amis.
2. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah, tambahkan garam, lada putih bubuk, dan kaldu instan, aduk rata. Gunakan untuk membumbui ikan gurame, diamkan (simpan didalam kulkas) selama 15 menit supaya bumbu meresap.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng ikan sambil dibolak-balik sampai berwarna coklat keemasan dan matang, angkat, tiriskan.
4. Susun di wadah saji ikan gurame goreng yang diolah dengan bumbu sederhana siap dihidangkan bersama sambal kecap dan aneka masakan, seperti; 

Jangan langsung menyiapkan bahan untuk resep gurame goreng bumbu sederhana enak dan mudah dibuat, masih ada aneka masakan gurame yang lain untuk memperbanyak gudang inspirasi Anda. Seperti, resep gurame goreng masak sambal hijau istimewa dan resep gurame goreng bumbu kunyit khas Indonesia pasti enak yang juga tak kalah enak.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: