Resep Pepes Tahu Masakan Sunda Sederhana Tapi Spesial


Pepes tahu adalah salah satu resep masakan Sunda yang sederhana, tapi menawarkan citarasa yang spesial. Supaya lebih menggoda selera, masakan tradisional ini boleh ditambah udang atau jamur. perpaduan rasa bumbu pepes, tahu dan udang atau jamur sangat cocok. Selain dua bahan tersebut, ikan teri juga enak bila dikolaborasikan dengan bumbu pepes dan tahu. Supaya lebih spesial, Anda juga bisa menambahkan daun kemangi pada resep pepes tahu berikut ini. Tentu saja rasa pepes tahu ini juga menawarkan rasa pedas. Hanya, rasa pedasnya dapat disesuaikan selera.

Yang menjadikan resep pepes tahu yang satu ini dikenal sebagai masakan khas Sunda adalah penggunakan daun kemangi. Soalnya, masyarakat Sunda sangat senang mengonsumsi daun yang beraroma wangi ini.


Bahan untuk membuat pepes tahu masakan khas Sunda yang sederhana tapi spesial:
1. 350 gram tahu putih, dihaluskan.
2. 100 gram kemangi, petik daunnya saja.
3. 25 gram ikan teri nasi yang masih segar.
4. 100 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.

Bumbu yang harus dihaluskan:
1. 2 siung bawang putih.
2. 6 siung bawang merah.
3. 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
4. 3 butir kemiri yang sudah disangrai.
5. Garam, lada putih bubuk, dan gula pasir secukupnya.

Bumbu lain:
1. 5 lembar daun salam, sobek-sobek.
2. 2 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, lalu dipotong-potong.
3. 10 buah cabai rawit utuh.

Pelengkap:
1. Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
2. Lidi secukupnya untuk menyemat.


Cara membuat pepes tahu masakan Sunda yang sederhana tapi enak:
1. Masukkan tahu, daun kemangi, santan, ikan teri nasi, dan bumbu yang sudah dihaluskan, di dalam wadah untuk membuat adonan pepes tahu, aduk rata. Tambahkan semua bahan dan bumbu yang belum digunakan, aduk rata.
2. Ambil adonan pepes secukupnya, letakkan pada selembar daun pisang, bungkus semat dengan lidi sampai tertutup rapat. Lakukan langkah ini sampai adonan pepes habis.
3. Susun adonan pepes tahu yang sudah dibungkus daun pisang di dalam panci pengukus yang sudah dipanaskan sebelumnya, kukus sampai matan (lebih kurang selama 45 menit), angkat. Panggang di atas api sampai daun pisang mengering, angkat.
4. Susun di wadah saji, pepes tahu masakan sunda yang sederhana tapi spesial siap dihidangkan. Simak juga resep tahu dan jamur spesial

Asal tahu saja, resep pepes tahu masakan Sunda yang sederhana tapi enak ini sangat cocok dihidangkan kapan saja. Apalagi, kalau di sampingnya juga ada resep gurame goreng bumbu kuning khas Indonesia pasti enak. Di bulan puasa, kuliner ini juga kerap dicari untuk menu sahur atau berbuka puasa.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: