Cara Membuat Sambal Goreng Daging dan Kentang Spesial

Berbeda dengan sambal goreng pada umumnya, resep masakan tradisional ini dibuat lebih kreatif. Iya lebih kreatif karena daging yang digunakan tidak sekadar dipotong-potong, melainkan dibentuk layaknya bola-bola. Cara membuat bola-bola daging untuk resep sambal goreng daging dan kentang spesial ini cukupnya mudah. Bahkan, lebih mudah bila dibandingkan dengan membuat bakso. Berikut tiap langkah yang harus Anda aplikasikan untuk membuat hidangan kuliner yang dijamin bakal mengoda selera.


Cara membuat:
1. Masukkan bahan dan bumbu yang sudah disiapkan untuk membuat bola-bola daging untuk resep sambal goreng daging dan kentang spesial ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata hingga membentuk adonan yang dapat dibentuk.
2. Ambil adonan secukupnya, bentuk serupa bola dengan bantuan sendok makan atau tangan (besar bola-bola daging disesuaikan kebutuhan). Lakukan langkah ini sampai adonan habis, sisihkan.
3. Panaskan minyak sayur untuk menumis.
4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang.
5. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan udang ebi, tumis lagi sampai harum.
6. Tuangkan santan encer, masak sambil sesekali diaduk sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
7. Masukkan bola-bola daging, masak sampai bola-bola daging berubah warna.
8. Masukkan petai, kapri, masak sampai layu.
9. Tuangkan santan kental, masak sambil diaduk sampai kuahnya menjadi berminyak.
10 Masukkan kentang, garam, gula pasir, gula merah, dan lada putih bubuk, aduk sampai larut dan semua bahan matan, matikan api kompornya. Sambal goreng daging dan kentang spesial siap disajikan.

Cara penyajian:
1. Ambil sambal goreng secukupnya, tuang ke dalam mangkuk.
2. Taburkan bawang merah goreng.
3. Lengkapi dengan nasi putih hangat dan kerupuk udang.
4. Sambal goreng daging dan kentang yang memiliki cita rasa spesial ini siap dinikmati sebagai menu makan siang atau menu makan malam. Sebagai menu berbuka puasa dan sahur juga bisa.


Nah, demikianlah penjelasan cukup detail tentang cara membuat sambal goreng daging dan kentang spesial. Simak juga resep rendang ayam kampung pedas khas bumbu rempah serta resep mie goreng sederhana khas Jawa spesial enaknya untuk memperluas referensi memasak.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email:

0 Response to "Cara Membuat Sambal Goreng Daging dan Kentang Spesial"

Post a Comment