Cara Melelehkan Cokelat yang Baik dan Benar


Sering kita tergoda dengan rasa cokelat yang dijadikan topping untuk donat atau ice cream. Tak jarang pula kita tergiur untuk mencoba membuat permen cokelat sendiri yang dibuat dari cokelat batang (dark cooking chocolate). Tapi, hasi dari keiinginan itu tak pernah terwujud dengan sempurna, lantaran hasilnya tak memuaskan. Sebab, bila tak diproses dengan baik dan benar, sudah dapat dipastikan bahwa cokelat yang kita masak, rasanya begitu pahit. Itu berarti cara melelehkan cokelat yang kita lakukan adalah salah. Ada cara tersendiri untuk melelehkan cokelat. Dengan menerapkan tips melelehkan cokelat yang baik dan benar akan menghasilkan rasa cokelat yang enak dan memuaskan.

Begini seharusnya yang harus Anda lakukan untuk melelehkan cokelat yang baik dan benar supaya hasilnya memuaskan dan enak.

  • Pastikan anda membuat irisan yang tipis.
Untuk memelehkan cokelat batangan atau yang biasa disebut dark cooking chocolate, disarankan agar diiris-iris terlebih dahulu. Tujuannya sudah tentu supaya cokelat (coklat) mudah meleleh ketika dipanaskan. Selain itu, juga supaya cokelat meleleh secara bersamaan.

  • Harus menggunakan air panas untuk melehkan cokelat.
Tidah ada ahli memasak yang menyarankan melelehkan cokelat dengan cara langsung dipanaskan di atas api, kecuali untuk kebutuhan atau maksud tertentu. Hal itu akan mengakibatkan cokelat menjadi gosong. Akhirnya, cokelat akan berasa pahit dan tak laik digunakan. Anda harus memanaskan air terlebih dahulu. Baru kemudian menumpangkan panci berisi irisan cokelat untuk dilelehkan. Pun air yang digunakan tidak boleh dalam kondisi mendidih.

  • Mengaduk dari awal sampai akhir.
Hampir sama seperti memasak santan kental. Dalam proses memasaknya, Anda harus mengaduknya secara terus-menerus dari awal hingga akhir memasak. Tujuannya agar cokelat meleleh dengan sempurna dan matang secara bersamaan. Setelah meleleh sempurna, segera angkat. Ini merupakan cara terakir dari cara melelehkan cokelat yang baik dan benar.


Dengan menerapkan tips ini, dijamin cokelat leleh yang Anda buat akan terasa enak dan memuaskan.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: