Resep Ikan Tongkol Goreng Garing Bumbu Bawang



Kalau selama ini Anda masih kurang puas dengan hasil menggoreng ikan tongkol, sepertinya Anda harus berkiblat pada resep ikan tongkol goreng garing bumbu bawang berikut ini. Tekstur renyah dibagian luar dari ikan tongkol goreng garing ini memberikan sensasi tersendiri.

Meski di bagian luarnya garing, namun daging bagian dalamnya tetap empuk. Diwarnai dengan rasa bumbu bawang yang cukup kuat, meski ini tergolong masakan sederhana, namun citarasanya tak mudah untuk dilupakan.

Untuk menghasilkan ikan tongkol goreng yang garing, dibutuhkan minyak sayur yang cukup banyak. Pasalnya, ketika menggoreng, ikan tongkol harus terendam di dalam minyak sayur yang sudah panas sempurna.


Bahan untuk membuat ikan tongkol goreng garing bumbu bawang:
1. 500 gram ikan tongol, potong-potong.
2. 25 mililiter air putih untuk melarutkan bumbu.
3. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu dihaluskan:
1. 8 siung bawang putih.
2. 1 sendok teh biji ketumbar.
3. Garam dan lada putih secukupnya.


Cara membuat ikan tongkol goreng garing bumbu bawang:
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air putih.
2. Gunakan bumbu tersebut untuk membumbui potongan ikan tongkol, diamkan selama 1 jam.
3. Panaskan minyak sayur yang cukup banyak untuk menggoreng. Sebelum digunakan untuk menggoreng, pastikan minyak sayur sudah dalam kondisi benar-benar panas, kemudian kecilkan api kompornya.
4. Masukkan potongan ikan tongkol yang sudah dibumbui ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang, angkat.
5. Susun di wadah saji, ikan tongkol goreng garing bumbu bawang siap dihidangkan bersama sambal hijau. Cara membuatnya Anda bisa lihat di Resep Gurame Goreng Masakan Sambal Hijau Istimewa.

Resep ikan tongkol goreng garing bumbu bawang ini cocok dihidangkan untuk menu makan kapan saja.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: