Resep Pindang Tongkol Masak Santan Bumbu Kuning Spesial


Masih ingat dengan resep pindang tongkol bumbu kuning cabai gelondongan? Bumbu yang digunakan untuk resep pindang tongkol masak santan bumbu kuning ini mirip sekali dengan resep masakan berbahan ikan tersebut. Selain kemiripan bumbunya, cara membuatnya juga hampir sama. Bedanya, pindang tongkol tidak digoreng terlebih dahulu. Selain itu, yang digunakan pada resep masakan yang akan dibahas pada kesempatan ini hanya bagian dagingnya saja. Ini salah satu faktor yang menjadikan masakan pindang tongkol masak santan bumbu kuning ini tergolong spesia. Sebab, kita tak perlu repot-repot menyingkirkan duli atau tulang ikan terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

Supaya rasanya tidak monoton, memang sengaja ditambah potongan wortel pada resep pindng tongkol masak santan bumbu kuning yang spesial ini. Tapi, yang harus diingat, jangan terlalu memasak wortel. Sebab, bila sampai overcooking, tekstur wortel akan menjadi lembek dan tidak menyenangkan kalau dikunyah.


Bahan untuk membuat pindang tongkol masak santan bumbu kuning spesial:
1. 5 ekor (seukuran lebih kurang 500 gram) pindang tongkol, ambil dagingnya saja.
2. 100 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,25 butir kelapa parut.
3. 600 mililiter santan encer.
4. 1 buah (lebih kurang 25 gram) wortel potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
5. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bumbu kuning yang dihaluskan:
1. 3 siung bawang putih.
2. 7 siung bawang merah.
3. 1 butir  kemiri yang sudah disangrai.
4. Jahe seukuran 2 sentimeter.
5. Kunyit seukuran 1,5 sentimeter.

Bumbu lain:
1. 1 lembar daun salam.
2. 3 lembar duan jeruk, singkirkan tulang daunnya.
3. 1 batang serai, dimemarkan.
4. Lengkuas seukuran 1 sentimeter, dimemarkan.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 1 sendok teh larutan air asam.


Cara membuat pindang tongkol masak santan bumbu kuning spesial:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis bumbu. Tumis bumbu kuning yang sudah dihaluskan, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas sampai harum dan matang. Tambahkan wortel, tumis sampai tercampur rata.
2. Masukkan daging pindang tongkol, aduk rata. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk perlahan sampai mendidih, kecilkan api kompornya. Tuangkan santan kental dan tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan larutan air asam, masak sambil diaduk terus penerus secara perlahan sampai matang, angkat.
3. Susun di wadah saji, taburkan bawang merah goreng (ingin bawang merah goreng yang renyah dan kering, ini tipsnya) bila ada, pindang tongkol masak santan bumbu kuning yang spesial siap dihidangkan.

Karena resep pindang tongkol masak santan bumbu kuning spesial ini tidak menggunakan cabai, maka masakan ini dapat dikonsumsikan kepada anak di atas 3 tahun dan Anda yang kurang suka dengan masakan bercita rasa pedas.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: