Resep Sayur Lodeh Rebung Spesial


Lodeh rebung adalah nama semua makanan khas masyarakat Jawa yang dimasak menggunakan santan berisi rebung dan aneka sayur. Seperti, kacang panjang, terong, labu siam, dan kol. Namun, untuk aneka sayur yang digunakan, boleh juga disesuaikan selera. Rebung yang digunakan menambah rasa sayur lodeh semakin spesial. Rasa rebung yang manis memberikan sensasi tersendiri pada makanan tradisional ini.

Untuk mengaplikasikan resep sayur lodeh rebung spesial, tentunya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbu.


Bahan untuk membuat sayur lodeh rebung spesial:
1. 300 gram rebung siap pakai, iris tipis melebar.
2. 100 gram kacang panjang, potong dengan ukuran sesuai selera.
3. 100 gram kol, potong-potong.
4. 100 gram labu siam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
5. 100 gram terong, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
6. 2 liter santan encer yang dibuat dari 1 butir kelapa. Santan merupakan bahan wajib untuk membuat sayur lodeh. Sama seperti santan juga merupakan bahan wajib untuk resep gula telur ikan tenggiri dan resep sayur kacang panjang dan tempe kuah santan.
7. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu.

Bumbu sayur lodeh rebung spesial:
1. 5 siung bawang putih, iris tipis.
2. 10 siung bawang merah, iris tipis.
3. 6 buah cabai merah keriting, iris tipis.
4. 6 buah cabai rawit, iris tipis.
5. 1 buah tomat merah, potong-potong.
6. 2 lembar daun salam. Daun salam merupakan bumbu wajib sayur lodeh rebung. Sama halnya dengan daun salam harus ada pada resep sate usus sapi bumbu tradisional dan resep pindang tongkol pedas bumbu merah spesial.
7. Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
8. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk.


Cara membuat sayur lodeh rebung spesial:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas dan daun salam sampai harum. Masukkan rebung, tumis sampai tercampur rata.
2. Tambahkan kol, labu siap, terong, dan kacang panjang, aduk sampai tercampur rata. Tuangkan santan, masak sambil diaduk sesekali sampai mendidih, kecilkan api kompornya. Masak sampai rebung dan aneka sayur matang.
3. Masukkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, serta kaldu bubuk instan secukupnya (bila diperlukan), aduk sampai larut dan meletup-letup, angkat.
4. Susun di wadah saji, taburkan bawang merah goreng (ingin bawang merah goreng yang renyah dan kering, ini tipsnya) bila perlu, sayur lodeh rebung yang spesial sudah siap dihidangkan bersama resep ikan teri goreng garing & renyahresep sate tempe bumbu manis khas Jawa Tengah dan resep bandeng goreng crispy enak praktis.

Resep sayur lodeh rebung spesial ini cukup untuk 8 porsi atau lebih.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: