Resep Oncom Goreng Tepung (Makanan Tradisional Masyarakat Sunda)


Oncom adalah salah satu bahan makanan yang sering terlihat pada resep masakan khas Sunda. Tak ayal bila bahan makanan tersebut ditasbihkan sebagai salah satu bahan makanan tradisional untuk masyarakat Sunda. Misalnya, resep oncom pedas tumis spesial atau resep pepes oncom pedas sederhana. Selain enak dimasak dengan dua resep masakan tersebut, oncom yang dibuat dari tempe yang difermentasi ini juga enak bila digoreng dengan dibalur adonan tepung. Adonan tepung tersebut memberikan sensasi tekstur yang renyah ketika dikunyah.


Bahan untuk membuat oncom goreng tepung (masakan tradisional masyarakat Sunda):
1. 200 gram oncom, potong dengan ukuran sesuai kebutuhan. Disarankan untuk membuat ukuran potongan tidak terlalu tebal, supaya tidak enek.
3. 200 mililiter air putih.
4. 125 gram tepung terigu protein sedang.
5. 1 sendok makan tepung beras.
6. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng. Supaya hasil gorengannya renyah, disarankan untuk menggunakan minyak sayur yang jumlahnya bisa sampai merendam bahan yang digoreng dan minyaknya dalam kondisi yang sudah panas.

Bumbu oncom goreng tepung (makanan tradisional masyarakat Sunda) yang harus dihaluskan:
1. 1 siung bawang putih.
2. 2 siung bawang merah.
3. 1 sendok teh ketumbar.
4. Kunyit seukuran 1 sentimeter.

Bumbu lain:
1. Garam, gula pasir dan lada putih bubuk.
2. 1 utas duan bawang, iris tipis.

Bila kesulitana mendapatkan lada putih bubuk, Anda bisa juga menggunakan lada putih utuh. Haluskan bersama bumbu yang dihaluskan.


Cara membuat oncom goreng tepung (makanan tradisional masyarakat Sunda):
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air putih. Tambahkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, aduk sampai larut. Masukkan tepung terigu, tepung beras, dan telur ayam, aduk sampai tercampur rata dan licin. Tambahkan daun bawang, aduk rata.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Celupkan potongan oncom ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat, tiriskan.
3. Susun di wadah saji, oncom goreng tepung siap dinikmati dengan cabai rawit segar.

Resep oncom goreng tepung (makanan tradisional masyarakat Sunda) ini paling cocok dihidangkan sebagai camilan atau lauk.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: