Resep Gereh Petek Goreng Original


Gereh petek adalah salah satu jenis ikan laut yang bentuknya pipih melebar. Ikan yang postur tubuhnya hanya sepanjang lebih kurang 5 sentimeter ini biasa diasinkan untuk dijadikan komoditas perdagangan. Sebab, bila tidak diasinkan, salah satu jenis ikan ini hampir tidak bisa dikonsumsi. Soalnya, daging ikan petek sangat sedikit karena postur tubuhnya yang pipih tersebut. Kecuali, bila memang sengaja digoreng hingga garing.

Yang menarik, gerek petek goreng ini juga menawarkan sensasi yang renyah. Bahkan, tulang dari ikan petek ini juga bisa dimakan. Rasanya begitu enak dengan bumbu original Indonesia. Berikut bahan dan bumbu yang harus Anda siapkan.


Bahan untuk membuat gereh petek goreng original:
1. 100 gram gerek petek, cuci bersih, keringkan kembali.
2. Minyak sayur untuk menggoreng. Supaya hasilnya renyah dan garing, pelajari tips menggoreng yang sudah dijelaskan pada resep ikan teri goreng tepung garing & renyah.
3. Air putih secukupnya untuk melarutkan bumbu.

Bumbu gereh petek goreng original (dihaluskan):
1. 3 siung bawang putih.
2. 0,5 sendok teh biji ketumbar.
3. 0,25 sendok teh biji lada putih.


Cara membuat gereh petek goreng original:
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air putih. Gunakan bumbu tersebut untuk membumbui gerek petek, diamkan selama 5 menit.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng, masukkan gerek petek yang sudah dibumbui ke dalam minyak sayur panas. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan garing, angkat, tiriskan.
3. Susun di wadah saji, gerek petek goreng original siap dihidangkan sebagai lauk untuk resep sayur kacang panjang dan tempe kuah santan serta resep sayur lodeh rebung spesial.

Resep gerek petek goreng original ini sangat cukup untuk 4 porsi.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: