Resep Ikan Tongkol Asam Manis Menggoyang Lidah



Kalau ingin menghidangkan masakan yang menggoyang lidah, mungkin resep ikan tongkol asam manis ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensinya. Untuk membuat masakan kreatif ini dibutuhkan ikan tongkol yang masih segar. Daging ikan tongkol yang masih segar terasa manis dan bertekstur.

Pada resep ikan tongkol asam manis ini Anda bisa mendapatkan sesansi citarasa asam, manis, dan segar. Sebab, sebelum siap dihidangkan, ikan tongkol asam manis yang sudah selesai dimasak, disiram dengan air jeruk lemon yang segar.


Bahan untuk membuat ikan tongkol asam manis menggoyang lidah:
1. 500 gram ikan tongkol, potong-potong.
2. 350 mililiter air putih.
3. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 1 sendok teh tepung sagu dan 0,5 sendok makan air putih.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 2 siung bawang putih.
2. 4 buah cabai rawit merah.

Bumbu lain:
1. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 1 sendok makan kecap manis.
3. 100 gram saus tomat.
4. 3 sendok makan saus sambal.
5. 1 sendok makan air jeruk lemon.
6. 1 siung bawang bombay, dicincang sampai lembut.


Cara membuat ikan tongkol asam manis menggoyang lidah:
1. Balur potongan ikan tongkol dengan garam dan lada putih bubuk, diamkan selama 15 menit. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng potongan ikan tongkol sambil dibolak-balik sampai matang, angkat, sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai harum. Tambahkan lagi saus tomat, saus sambal, aduk rata.
3. Tuangkan air putih dan masukkan kecap manis, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, masak sambil diaduk sampai larut dan mendidih, kecilkan api kompornya.
4. Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng, aduk rata. Tauangkan larutan tepung maizena, aduk sampai mengental dan meletup-letup, angkat.
5. Sususn di wadah saji, ikan tongkol asam manis yang rasanya membuat lidah bergoyang siap dihidangkan. Masih ada resep ikan tongkol goreng garing bumbu bawang serta resep pindang tongkol goreng tepung renyah menggoyang lidah.

Resep ikan tongkoal asam manis ini direkomendasikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: