Resep Ikan Teri Goreng Tepung Garing & Renyah


Untuk membuat ikan teri goreng yang garing dan renyah itu bukan suatu hal yang susah. Resep makanan yang biasa dijadikan sebagai lauk aneka resep makanan tradisional ini sangat mudah untuk dibuat.

Meski mudah, tapi bukan berarti asal masak saja. Ada tips yang harus Anda gunakan untuk menghasilkan teri goreng tepung yang teksturnya garing & renyah. Tipsnya adalah menggunakan minyak sayur dalam jumlah yang banyak. Dan, sebelum digunakan untuk menggoreng, minyak sayur harus sudah panas sempurna. Dengan begitu, ikan teri yang Anda goreng hasilnya akan garing dan renyah, setelah ditiriskan.


Bahan untuk membuat ikan teri goreng tepung garing & renyah:
1. 250 gram teri basah. Jenis ikan terinya boleh ikan teri medan, teri jengki atau teri nasi. Ketika jenis ikan teri tersebut juga boleh digunakan untuk resep pepes tahu ikan teri super pedas serta resep oncom pedas tumis spesial.
2. 75 gram tepung terigu protein sedang. Perhatikan jenis tepung terigu yang digunakan karena sangat memengaruhi tekstur hasil gorengan. Tepung jenis itu juga yang digunakan pada resep pindah tongkol goreng tepung renyah menggoyang lidah dan resep gurame goreng tepung super crispy.
3. 25 gram tepung beras.
4. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu ikan teri goreng tepung garing & renyah:
1. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
2. 0,5 sendok teh kaldu ayam bubuk instan.
3. 1 sendok teh air jeruk nipis.


Cara membuat teri goreng tepung garing & renyah:
1. Balur ikan teri dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit untuk mengurangi bau amis (cara ini juga disarankan untuk mengaplikasikan resep pindang tongkol bumbu kuning cabai gelondongan dan resep gurame goreng bumbu sederhana enak dan mudah dibuat).
2. Sembari menunggu ikan teri siap, masukkan tepung terigu dan tepung beras ke dalam wadah, aduk rata. Tambahkan kaldu ayam bubuk instan, garam, dan lada putih bubuk, aduk rata.
3. Setelah 15 menit, ambil ikan teri, guling-gulingkan ke dalam campuran tepung.
4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Setelah panas sempurnya, buat api sedang, ambil ikan teri yang sudah terbalur campuran tepung, masukkan ke dalam minyak sayur panas. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan kering, angkat, tiriskan, diamkan hingga suhunya normal.
5. Susun di wadah saji atau masukkan ke dalam toples, ikan teri goreng siap dihidangkan bersama resep sayur kacang panjang dan tempe kuah santan atau resep pepes tahu dan jamur spesial.

Resep ikan teri goreng tepung garing & renyah ini cukup untuk 8 orang.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: