Resep Pindang Tongkol Masak Pedas Kuah Santan Bumbu Kuning



Resep masakan berbahan ikan yang akan dibahas pada kesempatan ini sudah sangat populer di Indonesia. Saking enaknya, tak sedikit orang yang mencari referensinya untuk diterapkan di rumah. Namanya adalah resep pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning.

Ada beberapa hal penting ketika Anda mengaplikasikan resep pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning. Selain harus menggunakan pindang tongkol yang masih segar, Anda juga harus menyiapkan santan segar. Penggunaan santan segar memang dapat digantikan dengan santan instan. Tapi, penggunaan santan segar tetap yang direkomendasikan untuk mengaplikasikan resep masakan ini. Tentunya, yang alami itu lebih enak bukan?

Yang berikutnya adalah soal jumlah cabai yang digunakan. Anda boleh tidak menggunakan jumlah cabai yang dianjurkan pada resep pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning itu. Aritnya, level rasa pedas boleh disesuaikan selera masing-masing. Setelah itu, ikuti petunjuk resep masakan di bawah ini secara seksama supaya hasilnya memuaskan.


Bahan untuk membuat tongkol masak pedas santan bumbu kuning:
1. 500 gram pindang ikan tongkol, singkirkan bagian kelapa dan ekornya, potong dengan ukuran sesuai selera.
2. 25 gram daun kemangi.
3. 400 mililiter santan encer.
4. 100 mililiter santan kental.
5. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu:
1. 2 buah tomat merah, masing-masing dipotong menjadi 8 bagian.
2. 1 lembar daun salam.
3. 3 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
4. Lengkuas seukuran 1 sentimeter.
5. 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, lalu dimemarkan.
6. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
7. 1 sendok teh air jeruk nipis.

Bumbu kuning yang dihaluskan:
1. Kunyit yang sudah dibakar seukurn 2 sentimeter.
2. 2 butir kemiri yang sudah disangrai.
3. Jahe seukuran 1 sentimeter.
4. 3 siung bawang putih.
5. 8 siung bawang merah.
6. 3 buah cabai merah keriting.
7. 2 buah cabai rawit merah.


Cara membuat pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning:
1. Balur pindang tongkol dengan garam dan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Goreng potongan pindang tongkol sampai kering, angkat, sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bumbu kuning yang sudah dihaluskan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum dan matang. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
3. Tuangkan santan kental, masak sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
4. Masukkan pindang tongkol yang tadi sudah digoreng dan tomat merah, aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk, aduk sampai larut, angkat.
5. Susun di wadah saji, taburkan bawang merah goreng (ingin bawang merah goreng yang renyah dan kering, ini tipsnya), pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning siap dihidangkan.

Resep pindang tongkol masak pedas kuah santan bumbu kuning ini sepertinya akan sangat istimewa bila dihidangkan sebagai menu makan siang. 

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: