Resep Peyek Ikan Teri Super Renyah


Makan peyek ikan teri yang super renyah memang sangat menyenangkan. Rasanya yang gurih dengan sesasi renyah ketika dikunyah membuat kita tak bisa berhenti mengunyahnya. Padahal, oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, peyek ikan teri biasanya dijadikan sebagai lauk aneka masakan. Seperti, resep sayur asem tetelan (daging) sapi spesial atau resep sayur lodeh khas Jawa Timur menggugah selera. Tapi, karena teksturnya super renyah, seolah-olah peyek ikan teri ini yang malah jadi menu utamanya.

Terlepas dari sensasi kelezatannya, untuk membuat peyek ikan teri yang super renyah, ukuran ikan teri yang digunakan juga sangat menentukan. Semakin kecil ikan teri yang digunakan, makan akan semakin renyah hasilnya. Tentu juga disokong oleh adonan tepung yang memang membuat hasil gorengan menjadi renyah.

Berikut ini pejelasan selengkapnya tentang peyek ikan teri super renyah. Tentu saja lengkap dengan cara membuat peyek ikan teri super renyah.


Bahan untuk membuat peyek ikan teri super renyah:
1. 100 gram ikan teri medan. Jenis ikan teri medan ini ukuran kecil. Jenis ikan teri ini juga bisa digunakan untuk resep ikan teri goreng tepung garing & renyah.
2. 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris tipis.
3. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu peyek ikan teri:
1. 2 siung bawang putih.
2. 3 siung bawang merah.
3. 0,5 sendok teh ketumbar.
4. 3 butir kemiri yang sudah disangrai.
5. Kencur seukuran 1 sentimeter.
6. 0,75 sendok teh garam.
7. 0,25 sendok teh lada putih.

Bahan untuk adonan tepung peyek ikan teri super renyah:
1. 150 gram tepung beras.
2. 1 butir telur ayam, gunakna kuning telurnya saja.
3. 300 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
4. 0,5 sendok teh baking powder.


Cara membuat peyek ikan teri super renyah:
1. Larutkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan santan. Tambahkan kuning telur, tepung beras, dan baking powder, aduk sampai tercampur rata dan menjadi adonan yang licin.
2. Masukkan ikan teri medan dan irisan daun jeruk, aduk rata.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
4. Ambil adonan dengan menggunakan sendok sayur, tuang dan ratakan pada minyak sayur panas, goreng sampai matang, kering, dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
5. Susun di wadah saji, peyek ikan teri super renyah siap dihidangkan bersama resep sayur lodeh rebung spesial maupun resep rujak cingur khas Jawa Timur spesal.

Resep peyek ikan teri super renyah ini cukup untuk 4 orang atau lebih.



Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: