Cara Aman Membersihkan Telinga


Telinga merupakan salah satu panca indera yang berperan penting dalam hidup manusia. Telinga memegang peran dalam urusan indera pendengaran. Oleh sebab itu, kesehatan telinga menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan.

Kebersihan pangkal kesehatan. Kalimat itu dapat kita jadikan pedoman untuk melindungi kesehatan telingan. Menjaga kebersihan telinga, selalu bisa dijadikan solusi untuk menjaga kesehatan telinga. Pasalnya, hampir semua masakan kesehatan telinga diakibatkan kuman atau bakteri.

Cara Aman Membersihkan Telinga
Lalu, bagaimana cara amam membersihkan telinga? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sepertinya Anda harus mengetahui bagian-bagian telinga yang harus mendapatkan perhatian.

Setidaknya ada 2 bagian telinga yang harus mendapatkan perhatian untuk selalu dijaga kebersihannya setiap saat. Yaitu, bagian daun telinga dan rongga telinga.

Pada bagian daun telinga, Anda dapat memanfaatkan kapas atau tisu basah untuk membersihkannya. Aplikasikan tisu basah dengan cara menggosokkan pada area daun telinga bagian di bagian dalam maupun luar. Cara tersebut tentunya tak dapat dijadikan solusi untuk memberihkan rongga telinga.

Anggapan Keliru Soal Cotton Bud
Banyak orang mengira bahwa memberihkan kotoron di dalam rongga telingan dengan menggunakan cotton bud adalah cara yang paling benar. Padahal, itu keliru. Cotton bud hanya malah akan mendorong kotoran masuk ke dalam rongga telinga. Belum lagi, gesekan yang terlalu dalam akan melukai bagan dalam telinga yang akhirnya bisa sampai mengakibatkan infeksi dan peradangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada dasarnya bentuk rongga telinga dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan supaya kotoran dapat keluar dengan sendirinya. Namun, yang jadi masalah, kotoran di dalam rongga telinga tidak selalu berwujud cairan encer yang mudah untuk keluar dengan sendirinya. Celakanya, kotoran tersebut akan menggumpal dan mengering di dalam rongga telinga. Kalau sudah begitu, orang akan merasakan gatal yang sangat.

Membersihkan Kotoran Telinga dengan Minyak Zaitun
Bahan yang dianjurkan untuk digunakan sebagai pembersih kotoran yang menempel di dalam rongga telinga adalah minyak zaitun. Selain dapat melunakkan kotoran yang sudah mengerasi, minyak zaitun juga memiliki fungsi antibakteri yang dapat menghambat pertumbungan bakteri yang di bawa oleh kotoran telingan.

Terkadang, minyak zaitun dapat menjadi sebuah solusi untuk mengobati luka ringan yang ada pada rongga telinga. Tapi, kalau rasa sakit sudah parah, menjadi langkah yang bijak bila Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Cara
Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran telinga cukup mudah. Masukkan minyak zaitun ke dalam pipet. Miringkan kepala pada posisi 45 derajat. Pencet pipit hingga minyak zaitun menetes dan masuk ke dalam rongga telinga. Pijal lembut area pangkal daun telinga dan diamkan selama lebih dari 5 menit supaya kotoran melunak. Setelah itu, keluarkan kotoran telinga yang larut bersama minyak zaitu dengan cara memiringkan kepala hingga 180 derajat. Bersihkan cairan yang keluar dengan tisu kering. Ulangi langkah tersebut hingga 3 sampai 4 kali.

Nah, begitulah cara yang paling aman untuk membersihkan telinga. Semoga bermanfaat.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email:

0 Response to "Cara Aman Membersihkan Telinga"

Post a Comment