Cara Paling Benar Menyikat Gigi Rekomendasi FDI


Sejak kecil orangtua kita seakan tak pernah bosan mengingatkan kita untuk rajin gosok gigi. Bukan tanpa alasan, kesehatan gigi memang harus mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, bila diabaikan, akan menimbulkan masalah besar dikemudian hari. Meski dari semenjak kecil orangtua kita tak henti-henti mengingatkan untuk selalu rajin sikat gigi, tapi rupanya tak banyak yang tahu bagaimana cara menyikat gigi yang baik. Buktinya, sebagian besar masyarakat indonesia masih salah dalam melakukan kegiatan menyikat gigi. Lalu, sebenarnya cara yang benar menyikat gigi itu seperti apa? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi FDI
Berdasarkan rekomendasi Federation Dentaire Internationale (FDI) yang dilansir dari Detik pada 19 Maret 2016, cara menyikat gigi yang benar adalah secara vertikal (naik-turun atau sebaliknya). Menyikat gigi secara vertikal merupakan bagian dari roll tehcnique yang paling direkomendasi FDI. Gerakan tersebut sangat efektif melepas sisa-sisa makanan yang menempel pada area gigi.

Namun, nyatanya masih banyak orang yang salah dalam menyikat gigi. Dikira, gerakan dalam menyikat gigi yang benar adalah secara horizontal (kanan-kiri atau sebaliknya). Padahal, gerakan seperti itu malah dikhawatirkan akan menyebabkan abrasi pada gigi.

59% Lebih Salah Melakukan Gerakat Menyikat Gigi
Berdasarkan hasil penelitian, lebih dari 59% masyarakat Indonesia tidak menyikat gigi secara vertikal, apalagi melakukan roll technique. Kebanyakan dari mereka memiliki kebiasaan menyikat gigi secara horizontal.

Celakanya, pemerintah terkesan abai dengan upaya menyosialisasikan cara atau gerakan menyikat gigi yang benar yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan gigi tersebut. Hal itu dapat dilihat dari kurang masifnya sosialisasi maupun iklan layanan sosial dari pemerintah soal kebiasan yang benar dalam menyikat gigi.

2 Kali Sehari
Menjaga kesehatan gigi itu sebenarnya tidak susah. Kebiasan menyikat gigi dengan gerakan yang benar 2 kali sehari, sudah bisa menjadi sebuah solusi. Yang juga disarankan FDI, kegiatan menyikat gigi minimal harus dilakukan 2 kali dalam sehari. Yaitu pada pagi dan malam hari (sebelum tidur).

Selain itu, lakukan cek kesehatan gigi di dokter gigi paling tidak 2 kali dalam setahun. Hal ini penting dilakukan supaya masalah yang muncul berkait kesehatan gigi dapat segera diobati. Sehingga, tak sampai menimbulkan penyakit yang akan menjadi parah.

Sumber:
http://health.detik.com/read/2013/04/15/115523/2220352/756/bagaimana-cara-menyikat-gigi-yang-benar-sesuai-rekomendasi-dokter

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email:

0 Response to "Cara Paling Benar Menyikat Gigi Rekomendasi FDI"

Post a Comment