Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lidah


Lidah adalah organ tubuh yang membawa peran penting dalam panca indera. Yaitu, sebagai indera perasa. Lantaran permukaannya yang bertekstur, lidah menjadi sangat mudah menyimpan sisa-sisa makanan. Celakanya, bila tak dibersihkan secara teratur, kondisi tersebut dapat membawa efek yang buruk untuk kesehatan lidah itu sendiri.

Beragam cara dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan yang berdampak pada kesehatan lidah. Berikut ini upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lidah.

Menyikat gigi +
Yang dimaksud dengan menyikat atau menggosok gigi (cara paling benar menyikat gigi rekomendasi FDI) plus adalah melakukan kegiatan menyikat gigi minimal 2 kali sehari plus membersihkan lidah. Berkait yang disebut terakhir, orang sering salah kaprak. Banyak orang membersihkan lidah dengan cara menyikat lidah.

Padahal, membersihkan lidah, itu tidak sama seperti membersihkan menyikat gigi. Pasalnya, tekstur gigi dan lidah sangat berbeda.

Bagian dari sikat gigi yang paling efektif untuk membersihkan lidah adalah bagian belakan dari kepala sikat. Oleh sebab itu, pilihkan kepala sikat gigi yang bagian belakangnya bertekstur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat pembersih lidah yang banyak dijual diapotik atau supermarket.

Kini sudah banyak produk sikat gigi yang bagian belakang dari kepala sikat gigi yang bertekstur. Itu memang sengaja didesain untuk membarsihkan lidah.

Berkumur
Meski sederhana, namun kegiatan ini sangat efektif untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang baru belum lama tersangkut di permukaan lidah maupun sela-sela gigi. Lakukan berkumur setelah menyikat gigi dan beberapa saat selesai makan.

Mudah bukah? Silakan lakukan secara rutih. Niscaya, lidah akan selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya. Cirinya, lidah berwarna merah mudah dan terlihat cerah.

Dari berbagai sumber.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email:

0 Response to "Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lidah"

Post a Comment