Ironis, Protein Pemicu ASI Malah Jadi Penyebab Kanker Payudara


Kini, penyakit kanker payudara sudah semakin berbahaya. Dari sejumlah servei menyebutkan, hampir 25 persen kasus kanker adalah kanker payudara. Sementara, 14 persen kasus kanker payudara menyebabkan kematian pada penderitanya.

Ironisnya, protein pemicu air susu ibu (ASI) disebut-sebut sebagai salah satu pemicu penyebaran sel kanker payudara. Dilansir dari PLOS Biology, oleh para peneliti dari Inggris dan Austrari, ditemukan bahwa ada senyawa protein yang memicu metastasis (proses persebaran) sel-sel kanker penyebab penyakit kanker payudara.

Setelah melalui proses penelitian beberapa lama, diketahui bahwa senyawa protein tersebut adalah ELF5. Celakanya, ELF5 ini juga yang menjadi pendorong produksi ASI pada ibu yang sedang mengandung atau hamil.

ELF5 menyebabkan peradangan. Selain itu, ELF5 juga berperan dalam memanipulasi sistem imun. Pemanupulasian ini kemudian mendorong sel-sel kanker agar menyebar ke seluruh tubuh. 

Namun, kebenaran tentang peran protein pemicu produksi ASI ini juga menjadi salah satu biang penyebab munculnya kanker payudara membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan lebih mendalam. Toh, di luaran sana terdapat banyak ibu hamil dan menyusui yang tidak terjangkit penyakit mematikan tersebut.

Hidup cantik, sehat, makan enak ala Oke Meals. Silakan berlangganan gratis via email: